agar diterima kerja, ini 5 Persiapan sebelum menghadapi WAWANCARA KERJA

agar diterima kerja, ini 5 Persiapan sebelum menghadapi WAWANCARA KERJA

adsanjaya.com - Wawancara kerja adalah suatu jenis tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perwakilan dari organisasi yang mempekerjakan untuk melihat, apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak

apakah anda seing gagal dalam wawancara kerja? jika Ingin wawancara kerja anda berikutnya lebih baik dari sebelumnya, lebih baik persiapkan diri anda semaksimal mungkin sebelum mengikuti wawancara


Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri.

1. Cari tau Profil Perusahaan atau Industri
Cari tau Profil Perusahaan atau Industri yang memanggil anda untuk datang dalam kesempatan wawancara Seorang pewawancara mungkin bertanya bagaimana Anda memandang perusahaannya atau industrinya, siapa pesaing perusahaan itu, apa keunggulan kompetitifnya, dan bagaimana cara untuk membuat perusahaan itu lebih maju.
Untuk alasan ini, hindari mencoba meneliti secara menyeluruh untuk industri yang berbeda. Fokus pencarian pekerjaan Anda hanya pada beberapa industri saja.

2. Perjelas "selling point" Anda dan alasan Anda menginginkan pekerjaan itu
Bersiaplah untuk memasuki setiap wawancara dengan tiga hingga lima poin utama kelebihan anda sehingga layar berkerja diperusahaan tersebut. Siapkan contoh setiap Selling Point ("contoh : Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, Misalnya, saya membujuk seluruh kelompok untuk ..."). Dan bersiaplah untuk memberi tahu pewawancara mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu - termasuk minat Anda tentang pekerjaan itu. Jika seorang pewawancara tidak berpikir Anda benar-benar tertarik pada pekerjaan itu, ia tidak akan diberi tawaran kerja sedikitpun - tidak peduli seberapa baik Anda!

3. Perkirakan Pertanyaan dan Siapkan Jawabannya

Anda memang tidak tahu pasti kira-kira apa saja yang akan ditanyakan pada Anda saat wawancara besok. Namun setidaknya, berusahalah untuk menebak-nebaknya. Anda juga bisa mencari di internet atau menanyakan kepada teman yang pernah menjalani wawancara kerja serupa.

Dari situ, kemudian Anda bisa mempersiapkan jawabannya. Rencana jawaban tersebut sebaiknya ingat baik-baik. Berlatihlah mengucapkannya juga agar bila pertanyaan tersebut benar-benar muncul di wawancara esok, Anda bisa menjawabnya dengan lancar dan percaya diri. Ini dapat membuat Anda tampak lebih meyakinkan sebagai kandidat yang prospektif.

4. Siapkan Pakaian dan Perlengkapan

Dari sehari sebelum, pakaian apa yang akan Anda kenakan untuk wawancara harus sudah dipersiapkan. Pastikan sudah tersetrika rapi dan tidak ada cacat. Hindari memilih baju secara mendadak di pagi hari saat akan berangkat wawancara untuk menghindari adanya masalah tak terduga misal jahitan robek atau bajunya bernoda.

Sebaiknya tidak usah pergi membeli baju baru bila sudah H-1 menuju hari wawancara. Sisa waktu yang hanya sedikit ini sebaiknya dimanfaatkan untuk persiapan lainnya. Kecuali bila memang baju yang ada kurang layak, terpaksalah Anda perlu pergi membelinya.

Selain menyiapkan baju, siapkan juga segala sesuatu yang perlu Anda bawa atau kenakan. Misalnya adalah sepatu, alat tulis, dan bahkan uang tunai. Sehingga, keesokan hari Anda bisa segera berangkat setelah mandi dan sarapan.

 5. Prediksi Daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan kepada anda

Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan, tekanan dari wawancara bisa membuat pikiran Anda kosong. Anda dapat menghindari potensi malu dengan memiliki daftar pertanyaan. Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan seputar pekerjaan. Tujuan utama Anda harus mengajukan pertanyaan yang menunjukkan Anda antusias bekerja di perusahaan itu dan bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk memikirkan dan mempersiapkan diri untuk wawancara.

 Ikuti instagram @adsanjayacom untuk update lowongan terbaru setiap hari.

Posting Komentar untuk "agar diterima kerja, ini 5 Persiapan sebelum menghadapi WAWANCARA KERJA"