KIKD Perangkat Ajar Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler C3 SMK Teknik Audio Video Penerapan Rangkaian Elektronika


Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Audio Video. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Mata Pelajaran: Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR


3.1 Menerapkan algoritma pemograman untuk pemecahan masalah. 4.1 Memecahkan masalah dengan algoritma pemograman


3.2 Memahami arsitektur (rancang bangun) mikroprosesor 4.2 Membuat blok diagram arsitekur mikroprosesor


3.3 Memahami komponen pendukung sitem minimum mikroprosesor 4.3 Memilah komponen pendukung sitem minimum mikroprosesor


3.4 Memahami bahasa Pemrograman Mikroprosesor. 4.4 Mengoperasikan Bahasa pemrograman mikroprosesor.


3.5 Merencanakan aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor 4.5 Membuat program aplikasi sederhana sistem minimum mikroprosesor.


3.6 Memahami arsitektur (rancang bangun) mikrocontroller 4.6 Merancang arsitectur (rancang bangun) mikrokontroller.


3.7 Memahami Pemrograman dengan mikrokontroller. 4.7 Membuat program dengan mikrokontroller.


3.8 Merencanakan program aplikasi sederhana dengan mikrokontroller 4.8 Membuat program aplikasi sederhana dengan mikrokontroller.


3.9 Merencakan aplikasi sederhana system pengendali mikrokontroler 4.9 Membuat program aplikasi sederhana system pengendali mikrokontroler


Jumlah Jam 144

Posting Komentar untuk "KIKD Perangkat Ajar Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler C3 SMK Teknik Audio Video Penerapan Rangkaian Elektronika"