Bobol Yahoo Voice, Hacker Umbar 453 Ribu Data


Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Salah satu layanan milik Yahoo, yakni Yahoo Voice dikabarkan dibobol hacker. Imbasnya, lebih dari 400 ribu data dan password milik pengguna layanan tersebut diumbar di internet.

Perusahaan keamanan Trusted Sec yang pertama kali menemukan kebocoran ini mengatakan bahwa password dan email yang disebarluaskan tersebut memang mudah didapat akibat celah di Yahoo Voice.

"Bagian paling mengkhawatirkan adalah kenyataan password yang disimpan tidak terenkripsi dengan benar. Sehingga 453 ribu username dan password diketahui oleh publik," tulis Trusted dalam blognya.

Trusted menelusuri, kelompok hacker yang paling bertanggung jawab dalam pembobolan ini adalah peretas bernama D33S. Bahkan dalam file data disisipi pula pesan mengenai lubang yang menganga di Yahoo Voice. Demikian yang dikutip detikINET dari Ars Technica, Kamis (12/7/2012).

Yahoo Voice adalah layanan voice berbasis internet protocol (IP) yang merupakan hasil kerjasama dengan provider JAJAH sejak tahun 2008. Layanan panggilan berbayar ini biasa dipakai melalui Yahoo Messenger.

Belum ada komentar dari pihak Yahoo mengenai masalah ini. Meski tidak semua pengguna Yahoo menggunakan layanan ini, Trusted meminta agar tetap waspada.

Posting Komentar untuk "Bobol Yahoo Voice, Hacker Umbar 453 Ribu Data"