Perasaan Cinta dalam Berkarya

132881056589190444
blue-heart (by : Granito)
Politikus dan korupsi sudah seperti dua sisi dalam mata uang. Mereka dua hal yang berbeda namun seolah seperti melekat. Memang tidak bisa disamaratakan kalau semua politikus adalah koruptor dan semua koruptor adalah politikus. Tapi melihat berita politik yang seperti infotainment akhir-akhir ini jelas menciptakan opini kalau politikus dan korupsi seakan menyatu. Setiap kasus korupsi yang merauk uang negara dalam jumlah besar, hampir dipastikan melibatkan politikus. Tak heran kalau partai yang sedang berkuasa saat ini diberitakan sedang mengalami goncangan hebat karena ulah politisinya.
Politikus yang melakukan korupsi sudah dipastikan dia tidak memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya. Dia sudah tidak berhak lagi disandingkan dengan kata patriotisme dan nasionalisme. Karena dia sudah mengkhianati rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya. Dia sudah tidak memilikinya.
Selain dapat disematkan pada patriotisme dan nasionalisme, cinta juga dapat ditumpahkan pada berbagai macam perasaan. Perasaan terhadap teman yang disebut philia. Perasaan romantis yang disebut asmara. Perasaan tanpa batas yang disebut agape. Bahkan perasaan terhadap dirinya atau narsisme juga dapat dikategorikan sebagai macam perasaan cinta.
Cinta pada dasarnya adalah sebuah emosi. Dan setiap manusia pasti memiliki emosi. Dengan kata lain, cinta adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia. Urusan meluapkan, mencurahkan atau apapun namanya tergantung pada individu-individunya. Bekerja ikhlas dengan penuh ketekunan atas dasar menyukai pekerjaan juga dapat dikatakan sebagai bukti cinta. Menghubungi orang tua kala senggang hanya sekedar menanyakan kabar juga dapat dikatakan sebagai bukti cinta. Apalagi berkorban untuk orang terkasih.
Februari sering disebut sebagai bulan penuh cinta. Karena padanya tersemat sebuah momen yang sering dikait-kaitkan dengan perasaan cinta itu sendiri. Sebutlah namanya Valentine. Hari dimana tiba-tiba toko coklat mendadak laris. Hari dimana pernak-pernik bentuk hati jadi laris manis. Bahkan bagi kebanyakan orang, hari valentine dijadikan sebagai momen saling bertukar bingkisan sebagai bentuk kasih sayang pada kekasih atau sahabatnya.
Ketika manusia memiliki rasa cinta terhadap sesuatu atau seseorang, maka dia akan menjaga baik-baik objek yang dia cintai tersebut. Seperti anak perempuan yang mencintai bonekanya, kemana-mana selalu dibawa. Biarpun boneka tersebut menjadi kotor, bau dan tidak menarik. Dia akan tetap mengasihi boneka tersebut. Orang yang mencintai pekerjaannya, dia pasti akan melakukan yang terbaik untuk pekerjaannya. Orang yang mencintai kotanya, tidak akan pernah mengotori kotanya. Mahasiswa yang mencintai kampusnya, tidak akan pernah merusak fasilitas kampusnya. Apalagi karena berkelahi. Dan contoh-contoh lain rasa cinta yang cenderung menjaga yang dicintai dengan tekun dan tulus.
Tapi jangan lupa, bentuk cinta juga bisa dituangkan dalam sebuah karya. Arsitek yang mencintai kotanya, akan membuat karya terbaik untuk tata kota. Politikus yang mencintai negaranya, pasti akan berkorban sepenuh hati untuk negaranya. Walaupun dia berposisi sebagai eksekutif, yudikatif ataupun legislatif. Dia akan mengesampingkan kepentingan golongannya demi negaranya.

Posting Komentar untuk "Perasaan Cinta dalam Berkarya"