Teknik Untuk Wireless Security

Karena trafik yang mengalir melalui gelombang radio dalam jaringan wireless, mudah bagi penyerang untuk memantau dan menyerang data tanpa harus secara fisik terhubung ke jaringan. Penyerang mendapatkan akses ke jaringan dengan menjadi dalam jangkauan jaringan wireless  yang tidak dilindungi. Seorang teknisi harus tahu bagaimana untuk mengkonfigurasi Access Points dan Wireless Network Interface Cards (NICs) ke level keamanan yang tepat.



Saat menginstal layanan wireless, kamu harus segera menerapkan teknik keamanan wireless untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke jaringan. Wireless Access Point harus dikonfigurasi dengan pengaturan keamanan dasar yang kompatibel dengan keamanan jaringan yang ada.



Seorang penyerang dapat mengakses data saat dikirimkan melalui sinyal radio. Sebuah sistem enkripsi wireless dapat digunakan untuk mencegah yang tidak diinginkan dan menggunakan data dengan pengkodean informasi yang dikirimkan. Kedua ujung setiap link harus menggunakan Standar Enkripsi yang sama.
Tingkat keamanan yang dijelaskan di sini:



-     Wired Equivalent Privacy (WEP) 
                 Keamanan standar generasi pertama untuk wireless. Penyerang dengan cepat menemukan bahwa enkripsi WEP mudah untuk dirusak. Kunci enkripsi yang digunakan untuk menyandikan pesan dapat dideteksi oleh program pengawasan. Setelah kata kunci diperoleh, pesan dapat dengan mudah diterjemahkan.

Wi-Fi Protected Access (WPA) 
                 Sebuah versi perbaikan dari WEP. Diciptakan sebagai solusi sementara sampai 802.11i (layer security untuk sistem wireless) sepenuhnya diterapkan. Sekarang 802.11i telah diratifikasi, WPA2 telah dirilis. Ini mencakup semua standar 802.11i



-    Lightweight Extensible Authentication Protocol (LEAP), 
                 Juga disebut EAP-Cisco, protokol keamanan wireless yang dibuat oleh Cisco untuk mengatasi  kelemahan WEP dan WPA. LEAP adalah pilihan yang baik saat menggunakan peralatan Cisco dalam berhubungan dengan sistem operasi seperti Windows dan Linux.

Wireless Transport Layer Security (WTLS) adalah securitylayer yang digunakan dalam perangkat mobile yang menggunakan Wireless Applications Protocol (WAP). Perangkat mobile tidak memiliki banyak bandwidth cadangan untuk menyediakan untuk protokol keamanan. WTLS dirancang untuk memberikan keamanan untuk perangkat WAP dalam  bandwidth efisien.

Posting Komentar untuk "Teknik Untuk Wireless Security"